Wednesday, September 15, 2010

Wisata lombok Utara

   Kabupaten Lombok Utara adalah salah satu kabupaten baru yang merupakan daerah pemekaran dari kabupaten Lombok Barat, diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri pada tanggal 30 Desember 2008, memiliki 5 kecamatan yaitu Kecamatan Pemenang, Kecamatan Tanjung, Kecamatan Gangga, Kecamatan Kayangan, dan Kecamatan Bayan. Kecamatan Tanjung merupakan Pusat Ibu Kota Kabupaten Lombok Utara.


     Setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Lombok Utara mempunyai banyak potensi unggulan pesona obyek-obyek wisata yang masih alami dan menakjubkan. Bagi Wisatawan Lokal dapat berkunjung ke kawasan pesona obyek-obyek wisata tersebut dengan menggunakan kendaraan; sepeda dayung, sepeda motor, maupun roda empat, serta menggunakan perahu bermotor.
     Untuk wisatawan Nusantara maupun Manca Negara dapat berkunjung ke Daerah kawasan obyek-obyek wisata melalui Pelabuhan Kayangan Kabupaten Lombok Timur, Pelabuhan Lembar Kabupaten Lombok Barat, dan Bandar Udara Selaparang di Kota Mataram, bahkan dalam waktu dekat akan dibuka / dioperasikan Bandara Internasional Lombok (BIL) di Praya Kabupaten Lombok Tengah dan Pelabuhan Pelayaran Carik-Bayan Kabupaten Lombok Utara.


    Saat ini ada 3 (tiga) rute - jalur jalan menuju kawasan wisata ke tiga pulau-pulau kecil yang disebut Gili; Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air disingkat Gili TraMenA dan Air Terjun Sendang Gila Senaru Bayan yaitu :
  1. Dari Pelabuhan Lembar Lombok Barat atau Bandara Selaparang Mataram = Gunung Sari - Pusuk - Pemenang - Bangsal - Gili TraMenA(Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air) - Sendang Gila.
  2. Dari Pelabuhan Lembar Lombok Barat atau Bandara Selaparang Mataram = Ampenan - Senggigi - Malimbu - Teluk Nare - Bangsal - Gili TraMenA(Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air).
  3. Dari Pelabuhan Kayangan Lombok Timur = Bayan - Sendang Gila - Kayangan - Gangga - Tanjung - Pemenang - Bangsal - Gili TraMenA(Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air).

Obyek Wisata Pusuk

     Obyek Wisata Pusuk, Pusuk artinya Puncak Bukit merupakan perbatasan Daerah Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Utara yang terdapat hutan lindung dan perbukitan sehingga kita dapat menikmati panorama indah alami, menghirup udara bersih menyegarkan sebagai pencuci paru-paru dan Tuak Manis minuman hasil alam (Nira) sebagai obat pinggang, asam urat dan banyak ditemukan Satwa Kera yang jinak di tepi jalan seolah-olah menyambut kedatangan para Pengunjung / Wisatawan, yang ditempuh sekitar 15 menit dari Bandar Udara Selaparang dengan jarak sekitar 12 Km.



     Perjalanan di kawasan wisata pusuk melalui badan jalan yang berkelok-kelok bagai ular-ularan sehingga menambah asyiknya perjalanan wisata.



Obyek Wisata Gili TraMenA

     Obyek Wisata Gili TraMenA (Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air) merupakan sebuah desa yaitu Desa Gili Indah Kabupaten Lombok Utara sangat dekat dengan Daratan, dapat dicapai dengan menggunakan Perahu Motor dari Pelabuhan Bangsal yang memerlukan waktu sekitar 45 menit ke Gili Trawangan, sekitar 35 Menit ke Gili Meno, dan sekitar 25 menit ke Gili Air. Datang dan Rasakan nikmatnya Gili TraMenA.


Obyek Wisata Gili Trawangan

      Gili Trawangan merupakan Gili yang terbesar dan terjauh dari Gili lainnya namun dapat terjangkau hanya dengan sekitar 45 menit dari Pelabuhan Bangsal, memiliki banyak penginapan yang cukup representative berupa Pondok Wisata, Hotel Melati, Bar & Restourant, Pasir Putih di sepanjang pantai yang bersih mengelilingi Gili Trawangan, Berenang/Menyelam melihat Taman laut yang sangat indah dengan berbagai jenis ikan hias dan karang.Berjemur Matahari di Pantai, Gua Peninggalan Jepang.

Alat trasportasi untuk megitari areal Gili Trawangan tidak boleh ada asap kendaraan bermotor sehingga areal ini benar-benar bebas dari Polusi baik itu polusi asap maupun polusi suara,tapi menggunakan alat tranportasi sederhana dan tradisional berupa sepeda dayung dan cidomo.





Obyek Wisata Gili Meno

      Gili Meno adalah sebuah pulau kecil, terletak di antara Gili Trawangan dan Gili Air, Kabupaten Lombok Utara. Gili Meno dapat dijangkau lebih cepat dari Gili Trawangan dengan menggunakan perahu bermotor hanya sekitar 35 menit dari Pelabuhan Bangsal, di pantai Gili Meno juga kita dapat menikmati menyelam untuk melihat taman laut yang sangat indah dengan Karang Biru yang terindah di dunia, berjemur atau mandi matahari, hamparan pasir putih yang mengitari areal Gili Meno, terdapat taman satwa burung yang indah, Hotel-Hotel Melati tempat menginap.





Obyek Wisata Gili Air

      Gili Air adalah sebuah pulau terkecil, dari tiga gili yaitu Trawangan dan Gili Meno, di wilayah Kabupaten Lombok Utara. Gili Air jg dapat dijangkau lebih cepat dari Gili Trawangan dan Gili Meno dengan menggunakan perahu bermotor hanya sekitar 25 menit dari Pelabuhan Bangsal, di pantai Gili Air kita dapat menyelam menikmati taman laut yang sangat indah, berjemur/ mandi matahari dengan hamparan pasir putih yang mengelilingi areal Gili Air, acomodasi hotel-hotel melati tempat menginap, restoran dan Bar.




Obyek Wisata Air Terjun "KERTA GANGGA"

      Air Terjun Kerta Gangga berada di Dusun Kerta Desa Genggelang Kecamatan Gangga. Kita bisa mencapai lokasi objek wisata tersebut, dapat mempergunakan kendaraan roda dua atau roda empat, bahkan dengan alat transportasi tradisional seperti cidomo. Dari Bangsal Kecamatan Pemenang menuju ke lokasi Air Terjun Kerta Gangga menempuh jarak sekitar 15 Km. Di areal air terjun kita bisa menikmati hijaunya panorama alam pegunungan dan perbukitan yang indah serta masih sangat alami.

Setelah puas menikmati dan mengagumi keindahan alam, gemercik-gemuruh air terjun telah menanti kita untuk sekedar membasuh muka ataupun mandi dan berendam agar tubuh segar kembali.


Obyek Wisata Air Terjun "TEJA"


      Air Terjun "TIU TEJA" terletak di Hutan Desa Santong Kecamatan Kayangan, sekitar 35 Km dari Bangsal. Dalam bahasa lokal-Masyarakat Suku Sasak, "TEJA" artinya Pelangi, karena pembiasan cahaya warna warni yang indah seperti pelangi. Itulah sebabnya Masyarakat menyebut Air Terjun tersebut dengan nama Air Terjun "TIU TEJA". Selain keindahan alamnya kita dapat menikmati beraneka ragam satwa seperti : kera, pitu ( kera hitam), burung, kupu-kupu dan lain-lain, yang sewaktu-waktu dapat kita lihat dalam perjalanan menuju Air Terjun, seolah-olah menyambut kedatangan kita di areal air Terjun tersebut.


Obyek Wisata Air Terjun "Sendang Gila"

      Air Terjun "Sendang Gila" dan Air Terjun "Tiu Kelep" terletak di Desa Senaru Kecamatan Bayan tepat di bawah lereng kaki Gunung Rinjani, sekitar 52 Km dari Bangsal. Areal ini sangat diminati sebagai tujuan wisata bersama keluarga karena di sekitar areal tersedia fasilitas-fasilitas wisata seperti penginapan, restoran, berugaq dan dilengkapi dengan areal tempat parkir. Indahnya Panorama pegunungan dengan suhu udara dingin serta terdengar gemuruh air terjun menambah nikmat berwisata.



Kawasan Wisata Taman Nasional "GUNUNG RINJANI"

      Gunung Rinjani merupakan Taman Nasional yang sangat terkenal dengan Panorama Puncak, Gunung Baru Jari, serta Danau Segara anaknya. Banyak Wisatawan Nusantara maupun Manca Negara yang berbondong-bondong untuk menikmati keindahannya sehingga merasakan kepuasan setelah menaklukan Puncak Gunung Rinjani. Di kawasan ini juga terdapat gua seperti Gua Pengantin, Gua Susu, Gua Manik dan Permandian Air Panas serta Kita dapat memancing ikan di Danau Segara Anak.(dari website resmi pemerintah KLU)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment